dodo hawe

Memegang Rambut Wapres

In fotojurnalistik on March 24, 2009 at 3:24 pm

Pegang Rambut -

Pegang Rambut - Ibu-ibu berlarian untuk berebut bersalaman dengan Wapres Jusuf Kalla. Namun salah satu dari mereka justru memegang rambut Wapres. Foto Erfan Hazransyah, foto diambil pada 7 April 2008

| REFLEKS FOTO JURNALIS | Foto hasil bidikan fotografer Erfan Hazransyah ini, cukup menggelitik dan merupakan foto langka yang jarang terjadi. Foto dimuat di Harian Surya Surabaya pada 7 April 2008 lalu, ketika Wapres Jusuf Kalla berkunjung di Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Foto menggambarkan ibu-ibu yang saling berebut untuk bisa mendekat ke mobil Wapres yang sedang melaju. Ada seorang ibu-ibu yang mencoba memotret menggunakan ponselnya, dan seorang ibu berhasil memasukan tangannya ke dalam mobil melalui cendela yang terbuka.
Sambil berlari mengejar mobil, ibu-ibu itu terus berupaya menyentuh RI2 yang sedang duduk di dalam mobilnya. Rupanya mujur, nasip ibu-ibu berbaju warna krem, terlihat tangannya berhasil merogoh dan memegang rambut sang Wapres.
Kecepatan tangan ibu-ibu ini, berhasil menerobos pengamanan presiden, yang masuk pada pengamanan ring satu. Pada situasi seperti itu, seorang fotografer memang dituntut memiliki kejelian dan kecepatan dalam membidik sebuah moment yang dalam sekejap cepat berlalu.
Kecepatan, kejelian akan menjadi sempurna apabila diikuti insting yang bagus, yang akan menghasilkan reflek seorang fotojurnalis dalam membidik moment secara cepat.
Erfan rupanya memiliki naluri dan reflek serta antisipasi yang cukup cekatan, saat melihat mement seperti itu. Buktinya keberhasilan ibu-ibu yang berusaha memagang rambut Jusuf Kalla ini, juga diikuti keberhasilan Erfan dalam menekan tombol shutter speed kameranya.
Bukan perkara gampang juga, karena seorang foto jurnalis saat merangsek dan mendekati pejabat penting seperti Presiden atau Wakil Presiden, pasti akan berhadapan dengan petugas pengamanan terlebih dahulu.
Namun rupanya rintangan itu berhasil diterobos oleh fotografernya, bersamaan dengan berbaurnya ibu-ibu yang berlarian mendekati mobil Wapres. Dan kecepatan langka inipun berhasil diabadikan pada saat yang tepat. dodo hawe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: